Jawa Barat, Tapak.News - Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, memuji pencapaian program digitalisasi Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder. Diungkapkannya hal itu dalam kegiatannya "mapay desa" di Indramayu, Kamis, (27/01/2022).

"Saya sangat mengapresiasi keberhasilan Desa Cangkingan melakukan digitalisasi layanan publik untuk kemudahan masyarakat desa. Ini sangat luar biasa", kata Dicky di sela kunjungannya.

Dicky beralasan, kekagumannya tersebut muncul usai Ia menyaksikan secara langsung Sistem Informasi Desa (SID) Cangkingan yang telah menyediakan aplikasi dan modul untuk memudahkan pelayanan administrasi, kependudukan maupun bisnis warganya.

Ditambahkan camat setempat, Atang Suwandi menjelaskan, keberhasilan digitalisasi Desa Cangkingan akan segera ditularkan ke desa-desa lain sejalan program LEDIG (Lebu Digital) Bupati Indramayu, Nina Da'i Bachtiar.

"Alhamdulillah secara bertahap semua desa kita coba migrasi layanan desa menjadi digital. Kita akan bangun website semua desa yang terintegrasi dengan website kecamatan. Jadi nantinya selain ada desa digital juga ada kecamatan digital sebagai upaya menuju Indramayu Bermartabat," jelas Atang.

Di tempat yang sama, Kuwu Cangkingan, Didi Wahyudi mengatakan, dengan perangkat hardware maupun software yang ada, pemerintahan desanya siap mengikuti perkembangan digital dan permintaan dari masyarakat dimana SID bisa dioperasikan melalui aplikasi berbasis android yang bisa diunduh di playstore.

"Oleh karenanya desa digital Cangkingan siap bersinergi dengan kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pusat agar memberikan layanan digital terbaik, mudah dan cepat kepada masyarakat," pungkas Kuwu Didi optimis.