Jawa Barat, Tapak.News - Rapat Kerja Karang Taruna Kabupaten Indramayu yang dihadiri pengurus seluruh  tingkat kecamatan pada Jum'at 10/6/2022,  memetik dua hal penting bagi organisasi tersebut dalam perannya membantu masyarakat melalui program pemerintah dalam bidang sosial dan pertanahan.

Kepala Dinas Sosial Indramayu, Sri Wulaningsih menyebutkan, dari 99 program prioritas Indramayu Bermartabat ada 4 point yang menjadi tanggung jawab Dinas Sosial dimana organisasi kepemudaan tersebut bisa terlibat lebih aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yaitu : memberikan Bansos yang belum terakomodir pemerintah pusat, pemutakhiran data penerima Bansos, membangun rumah singgah, dan bantuan permodalan KOBE.

"Mereka bisa menjadi kepanjangan tangan kami di tingkat kecamatan dan di desa-desa dalam rangka mendukung kinerja dinas sosial," harap Wulan saat ditemui usai memberikan materi Rapat Kerja Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Jum'at (10/6/2022).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu, H Syaefudin dalam arahan rapat mengatakan, koordinasi dan komunikasi organisasi kepemudaan dengan pemerintah desa merupakan hal penting seumpama hubungan orang tua dan anak demi harmonisasi keduanya membantu kepentingan masyarakat desa melalui pelaksanaan program-program pemerintah.

Dan dalam hal program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Kementerian ATR/BPN guna perolehan sertifikat tanah bagi warga Indramayu, H Syaefuddin menyatakan kesiapan Karang Taruna Indramayu membantu pencapaian realisasi program tersebut.

"Kita akan menyiapkan 10 anggota karang taruna di tiap-tiap desa. Mereka bisa diberdayakan minimalnya dalam pengumpulan data pertanahan dengan bantuan dana dari luar negeri," katanya.

H Syaefudin juga meyakinkan, sumber daya manusia karang taruna Indramayu cukup mampu untuk membantu kinerja pemerintah baik dengan dinas sosial maupun ATR/ BPN.