Tapak News

Jawa Barat, Tapak.News - Kejuaraan pencak silat championship Indramayu open 1 antar pelajar, SD, SMP, dan SMA Sederajat Se-Jawa Barat yang diikuti oleh 584 peserta resmi dibuka. Jumat, 27/5/2022.

Dari 584 peserta yang mengikuti turnamen tersebut terdiri dari 306 siswa SMA, 188 siswa SMP dan 90 SD, yang berasal dari sekolah sekolah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Indramayu, Tri Nani,  menyampaikan Pencak Silat merupakan aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri dan aspek olahraga serta warisan budaya bangsa Indonesia.

"Dalam perkembangannya Pencak Silat telah berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia," katanya. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar pelajar serta sebagai upaya untuk terus melestarikan pecak silat.

"Kedepan dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan bisa mencari bibit-bibit dan bakat yang bisa membanggakan bangsa, baik di tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf Teguh Wibowo S.Sos melalui Perwira Kodim 0616/Indramayu Letda Inf Victor Simanjuntak menuturkan, Kodim 0616 Indramayu menyambut baik turnamen pencak silat ini, ia menyebut Pencak Silat merupakan bagian dari program TNI Angkatan Darat dalam rangka komunikasi sosial kreatif Kodim 0616/Indramayu yang penjabarannya adalah kegiatan olahraga yang meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Kami berharap Turnamen Pencak Silat menjadi agenda tahunan sehingga bisa melahirkan atlet-etlet lebih berprestasi untuk tahun-tahun kedepan, selain itu dapat meningkatkan sportifitas dan kedisiplinan," tutupmya.