Jawa Barat, Tapak.News, Indramayu - Ramai di pemberitaan sebelumnya perihal ayam busuk yang diterima para keluarga penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (KPM BPNT) Desa Sumbermulya Kecamatan Haurgelis Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat baru-baru ini.

Berdasarkan informasi tersebut Sri Wulaningsih Kepala Dinas Sosial Indramayu langsung bergerak cepat dengan mengirim tim cek langsung ke lapangan, untuk membuktikan fakta penyimpangannya.

"Berdasarkan hasil laporan tim, hari ini sudah dichek langsung ke Desa Sumbermulya. Menurut pengakuan Agen Rio, ada 20 bungkus ayam yang tidak layak dan sudah dilakukan penggantian kepada KPM," kata Sri Wulaningsih melalui pesan singkatnya kepada Tapak.News (Jum'at (12/8/2022)

Sri Wulaningsih menambahkan, dari hasil cek langsung ke Agen E-warung Rio, tim Dinsos Indramayu telah menemukan pelanggaran lain yang dilakukan agen tersebut sehingga pihaknya akan melakukan tindakan tegas, yaitu, akan mengusulkan penonaktifan kepada Agen E-warung Rio yang ada di Desa Sumbermulya.

"Namun karena Agen Rio telah melanggar tugasnya yang tidak menyediakan bahan pangan berkualitas, dan ditemukan pengumpulan KKS serta ditransaksikan secara kolektif, maka akan diusulkan untuk penonaktifannya. Surat sedang disiapkan dan diinventarisir dengan pengaduan- pengaduan dari desa lain," sambung Sri Wulaningsih.

Sementara itu, Agen Ewarung Rio saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat, Senin(15/8/2022), terkait ayam busuk yang diterima KPM BPNT di wilayahnya, berdalih hal itu terjadi karena ada kendala di Freezer penyimpanan, dan dia juga menghimbau kepada warga yang menerima ayam busuk untuk menukar kembali.

"Iya pak, sedikit kendala di freezer penyimpanan. dan sudah dihimbau KPM bisa menukarkan kembali," terang Agen E-warung Rio.

Namun, saat Agen E-warung Rio dipertanyakan soal KPM yang telah membuang ayam busuk, Ia menyatakan tidak tahu, dan hanya menginfokan kepada KPM jika ada komuditi yang tidak berkualitas bisa ditukar kembali.

"Kalau masalah dibuang tidak tahu ya pak, saya cuma ngasih info kalau ada komuditi yang kurang baik boleh ditukar kembali," kata Agen E-warung Rio.