Tapak News

Tapak.news, Indramayu- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat (Kakanwil Kemenkumham Jabar), R. Andika Dwi Prasetya, pimpin langsung kegiatan serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Kantor Imigrasi Cianjur III Non TPI Cianjur yang beralih dari Deni Irawan kepada Wijay Kumar, Rabu (15/02/2023).

 

R. Andika hadir bersama Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Anggiat Ferdinan, Kadiv Keimigrasian Yayan Indriana serta Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi.

 

Dalam kegiatan tersebut, R. Andika memberikan arahan dengan mengingatkan bahwa tugas, wewenang dan tanggung jawab Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Cianjur menjadi amanah bagi Wijay Kumar selaku Kepala Kanim yang baru.

 

"Semoga ini menjadi amanah yang memberikan berkah sehingga kedepan keduanya bisa melaksanakan amanah dari organisasi. Selamat mengemban amanah yang baru dan tunjukan bahwa anda cakap, layak mengembannya," kata Andika.

 

"Kinerja terbaik akan membawa saudara menjadi lebih baik dimasa mendatang. Sebagai cermin organisasi Kemenkumham di Wilayah, Imigrasi diharapkan terus bangun sinergi dan ciptakan corsa dalam pelaksanaan tugas, sehingga pada akhirnya menemukan solusi terbaik. Laksanakan tugas sesuai dengan SOP, evaluasi secara berkelanjutan," imbuhnya.

 

Andika juga menerangkan bahwa rotasi, mutasi dan promosi sebuah jabatan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam Organisasi sebagai salah satu bentuk pembinaan demi kemajuan organisasi tersebut. Dengan Tujuan untuk penyegaran serta menghindari terjadinya stagnan dalam sebuah organisasi akibat lamanya seorang pejabat di suatu tempat.

 

"Dengan adanya rotasi, mutasi dan promosi jabatan ini diharapkan seorang pemimpin dapat menciptakan dan meninggalkan sebuah legacy atau warisan yang terus hidup dan abadi pada setiap tempat yang pernah dipimpinnya. Karena sesungguhnya sebuah organisasi akan maju dan berkembang ketika seorang pemimpin dapat meninggalkan sebuah legacy dimanapun ia ditempatkan," terangnya.

 

Andika lebih jauh mengingatkan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur dan jajarannya untuk terus bersinergi dengan seluruh elemen yang ada baik internal maupun eksternal, lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsi terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, harus selalu waspada, mawas diri dan terus berbenah untuk menjadi lebih baik.

 

Menurutnya, menjadi Pemimpin itu harus berpikir Revolusioner dan bertindak nyata serta meninggalkan cara-cara konvensional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Pimpinan dengan tetap mengedepankan nilai-nilai integritas dan akuntabilitas tentunya.

 

Dan yang paling utama adalah bekerja untuk mewujudkan Kemenkumham Semakin PASTI dan Semakin BerAKHLAK, hilangkan sekat-sekat ego sektoral yang membelenggu dalam berorganisasi.

 

"Kepada Kakanim Cianjur yang baru dan jajarannya, teruslah menjaga dan meningkatkan apa yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan perbaiki hal-hal apa yang menjadi tanggung jawab dan tugas serta fungsi Kanim Kelas III Non TPI Cianjur. Lanjutkan apa yang telah dirintis Deni Irawan, berikan dampak yang positif kepada masyarakat Cianjur untuk lebih baik dalam melayani," pesan Andika untuk Wijay Kumar.

 

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa atas nama pribadi, keluarga maupun Pemerintah Kabupaten Cianjur memohon maaf apabila ada ada salah kata dan salah ucap maupun perilaku yang tidak enak di hati.

 

"Semoga Deni Irawan bisa lebih sukses dimasa mendatang, kepada Wijay Kumar selamat datang di Kota Santri, mari kita bersinergi majukan Kota Cianjur tercinta," tuturnya.