Tapak News

Jawa Barat, Tapak News -;Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu menggelar pembelajaran tentang lingkungan hidup secara tematik bagi ratusan siswa - siswi SD di Taman Tjimanoek, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan bertajuk "Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek",  selain memperkenalkan wahana ekonparian sebagai destinasi wisata di bantaran sungai tersebut, juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk diajak mengisinya dengan ragam kreatifitasnya.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Baman, mengungkapkan tercetusnya ide kegiatan Sabtu Ceria ini berawal dari kepedulian Bupati Indramayu Nina Agustina terhadap dunia pendidikan dan budaya serta kecintaannya terhadap anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Mereka yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), semoga hingga usia dewasa tertanam nilai-nilai untuk mencintai dan melestarikan keindahan dan keasrian alam yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan maupun lainnya", kata Baman, Kabid SD Dinas Pendidikan Indramayu,

Bupati Indramayu, Nina Agustina, meski sedang berada di luar kota, menyempatkan diri mengapresiasi langkah edukatif tersebut dengan menyapa langsung melalui video call, memberikan support, dukungan dan saran kepada para pelajar agar selalu belajar dengan semangat meraih cita-cita dan prestasi.

Selain beberapa kreasi anak - anak seperti yang ditampilkan oleh para siswa siswi SDN Margadadi, di antaranya; tari topeng, drama teater, menyanyi, karate, seni sintren kontemporer serta Lomba mewarnai dan lomba membaca, juga diperkenalkan hasil kerajinan para Lansia dari Desa Balongan, Kecamatan Balongan yaitu satu produk tempat duduk/kursi ramah lingkungan yang terbuat dari bahan sampah plastik dan botol aqua bekas yang di beri nama Eco Break.

"Kegiatan Sabtu Ceria ini juga merupakan media untuk mendapatkan pengetahuan baru serta mengasah keberanian tampil di muka umum bagi para pelajar. Diperkenalkan juga kepada mereka produk-produk ramah lingkungan juga mempunyai nilai seni dan nilai jual yang sangat baik untuk meningkatkan perekonomian," papar Ketua Pelaksana Ririen Oce Iskandar.

Baman dan Ririen juga menginformasikan bahwa kegiatan tersebut direncanakan akan dilangsungkan setiap hari Sabtu dengan menampilkan kreasi dari berbagai sekolah baik SD, SMP, SMA atau SMK dari seluruh sekolah di Indramayu yang akan di jadwalkan 2 sekolah setiap minggunya.