Tapak News

Tapak.news, Indramayu- Masyarakat Indramayu antusias mengikuti pendaftaran pada kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, yang dibuka pada tanggal 12 hingga 18 Februari 2024 lalu secara online.

 

Diungkapkan Sukirman, selaku Kepala UPTD BLK Disnaker Indramayu, total pendaftar pada kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tahap satu ini sebanyak 605 orang.

 

"Dan total peserta yang berhasil lolos seleksi pendaftaran dan dapat mengikuti pelatihan, ada 112 orang, dengan masing-masing 16 orang per kejuruan," ungkapnya.

 

Sukirman mengatakan, bagi yang belum berhasil lolos seleksi kegiatan pelatihan tahan pertama ini, dapat mencoba kembali pada tahap kedua yang akan dibuka pada bulan mei 2024.

 

Sementara itu, Bupati Indramayu, Nina Agustina melalui Kepala Disnaker, Nonon Citra Wulandari menyampaikan bahwa peserta pelatihan juga akan mengikuti uji kompetensi, sehingga mereka akan memiliki 2 sertifikat, pertama sertifikat mengikuti pelatihan dari BLK dan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

"Kegiatan pelatihan bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompeten dengan memberikan dan meningkatkan keterampilan bagi pencari kerja sehingga mereka mampu bersaing di pasar kerja, baik dunia industri maupun dunia usaha," tuturnya.

 

Diketahui, terdapat 7 kejuruan pada pelatihan berbasis kompetensi di BLK Disnaker Indramayu ini, diantaranya adalah, Plate welder smaw 3g-up pf, Operator forklift, Service sepeda motor sistem injeksi, Desainer grafis madya, Menjahit pakaian Wanita dewasa, Teknisi ac residential dan Commercial make up artis.