Tapak News

Tips, Tapak News - Pelanggan PLN kadang mengalami gangguan secara pribadi dan di luar dugaan yang berbagai macam sebabnya. Salah satunya ketika token yang kita beli gagal diterima meskipun berulang kali sudah kita pijit di kwh meter deretan angkanya sesuai yang kita beli.

Jika terjadi kendala demikian, sebaiknya tidak perlu berprasangka buruk kepada counter atau penjualnya diduga memberikan token bekas pakai. Sekali lagi tidak perlu, karena persoalan tersebut sangat mungkin bukan dari kode tokennya. Dan jika pun kita beli token baru lagi juga akan tetap mengalami gagal input.

Beberapa penyebab terjadinya persoalan tersebut, di antaranya adanya gangguan server. Masalah ringan ini cukup dengan didiamkan beberapa saat.

Namun, bagaimana jika setelah berjam-jam, kita coba masukkan berulang kali digit-digitnya masih tetap gagal dan angka di kwh juga tidak bertambah?

Maka saatnya kita download aplikasi PLN Mobile di apps store android kita. Lalu, kita regstrasikan nomor Hp, email, juga ID Pelanggan. Jangan lupa pastikan pendaftarannya terverifikasi oleh kode OTP yang masuk via SMS, dan balasan dari PLN 123 di kotak masuk email kita.

Pada aplikasi tersebut terdapat berbagai macam menu. Pilih menu "pengaduan" dan tulislah keluhan kita. Misal, angka token saya tidak bisa diinput". 

Tidak berapa lama, petugas PLN terdekat akan menghubungi kita, memastikan keseriusan pengaduan dan mengetahui titik lokasi. 

Setelah itu, petugas PLN yang datang biasanya akan mengupdate kwh meter kita dengan memasukkan kode-kode tertentu. Jika hal itu sudah dilakukan namun token tetap saja gagal diterima server, maka kwh meter itu akan digantinya, gratis.

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai kendala lain yang memerlukan bantuan petugas PLN 

Ada baiknya kita membiasakan menambah pulsa listrik/ token sebelum tiba di angka terendah yang ditandai bunyi tit...tit.. memanggil. Sebab, jika kendala itu baru diketahui pada sore atau malam hari, kita pasti khawatir, sisa pulsa listrik di kwh meter keburu habis sebelum persoalannya bisa diatasi sementara hari sudah mulai gelap. Dan hal itu menaikkan tingkat kepanikan  tersendiri.