Tapak.news,Indramayu- Kementerian Kominfo RI meluncurkan Program UMKM Level-Up pada bulan Juli 2024. Program ini bertujuan mendorong para pengusaha UMKM di seluruh Indonesia agar mampu meningkatkan profitabilitas usahanya dengan strategi Digitalisasi Marketing.

Ahmad Gunawan, M.Pd., selaku Koordinator Fasilitator Pendamping UMKM Level-Up tahun 2024 di Kabupaten Indramayu dan Cirebon, menjelaskan, pada hari ini adalah sesi pertama program pendampingan secara Luring di Indramayu.

"bahwa hari ini (21/7/2024), adalah sesi pertama program pendampingan secara Luring di Indramayu. Sesi pertama ini dihadiri 40 Pengusaha UMKM dari wilayah Indramayu, dan Fasilitator pendamping nya masing-masing. Yang selanjutnya akan dilakukan secara bertahap bergantian dengan peserta lain sesuai jadwal dari Panitia Pusat," terang Gunawan Birubhi Resto and Cafe Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Lanjut Gunawan, program ini akan digelar hingga 5 bulan kedepan pada Tahun 2024. Dengan jumlah keselurahan peserta 120 UMKM dari Indramayu, dan 260 UMKM peserta dari Cirebon, sedangkan jumlah peserta UMKM yang telah mendaftar sebanyak 5200 UMKM, dan akan terus bertambah dengan target 10.000 UMKM di Kota dan Kabupaten yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa program pendampingan UMKM tersebut dilaksanakan dengan metode Luring/tatap muka di Basecamp, yaitu di Birubi Cafe & Resto indramayu, metode daring melalui aplikasi Zoom, dan Visit pada rumah produksi UMKM masing-masing.

Gunawan juga menyampaikan, pada kegiatan tersebut, ia memberikan panduan adopsi fitur- fitur perangkat digital dan bimbingan praktek kepada peserta.

"Pada kesempatan ini kami memberikan panduan Adopsi Fitur-fitur Perangkat Digital Marketing, dan bimbingan praktek kepada para peserta secara aplikatif, sampai dengan membuat iklan promosi pada medsos, dan beberapa marketplace. Hal ini mendapat respon yang sangat baik dari para peserta, dengan penuh semangat dan bahagia mengikuti kegiatan tersebut," tutur Gunawan.

Masih menurut Gunawan, melalui pemanfaatan Aplikasi Digital Marketing dapat menunjang aktivitas bisnis UMKM. Para pelaku UMKM dapat maksimalkan akselerasi nilai transaksi dan performa bisnis dengan mengikuti program UMKM Level Up tersebut. Dengan demikian program ini sangat diharapkan dapat membantu percepatan peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM di Indonesia , khususnya para pengusaha UMKM di Cirebon dan Indramayu.