Tapak News

Tapak.news, Indramayu- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Indramayu ikuti Kick Off Pemasyarakatan Belajar yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum Dan HAM, Selasa (21/3/2023).

 

Dalam kegiatan ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Indramayu, Beni Hidayat beserta pejabat struktural terkait mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom.Kegiatan yang berpusat di Auditorium BPSDM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59.

 

Pemasyarakatan Belajar merupakan program pengembangan SDM ASN Kemenkumham menggunakan metode pembelajaran mandiri melalui aplikasi Massive Open Online Course (MOOC).

 

Kalapas mendukung program pemasyarakatan belajar yang digagas oleh BPSDM Hukum dan HAM ini. Dengan harapan petugas pemasyarakatan khususnya di Unit Pelaksana Teknis dapat menjadi petugas yang semakin profesional dalam menjalankan tugas sehari-harinya.

 

"Program pemasyatakatan belajar ini bagus. Mendorong petugas pemasyarakatan untuk lebih meningkatkan kapabilitasnya sehingga tercapainya petugas pemasyarakatan yang profesional," ungkap Beni.

 

Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Fungsional dan HAM, M. Hilal menuturkan bahwa tujuan pembelajaran dengan MOOC ini agar pelaksanaannya lebih efisien dengan kemudahan-kemudahan lainnya karena tidak terbatas oleh waktu dan tidak mengganggu pelaksanaan tugas sehari-hari.

 

Sejalan dengan Hilal, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Heni Yuwono menyampaikan sebagaimana dalam pidato Presiden Jokowi pada Juli 2019 menyatakan bahwa pembangunan SDM merupakan prioritas utama dalam menyongsong Indonesia Generasi Emas Tahun 2045 sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi di tingkat internasional.