Tapak News

Belarus, Tapak News - Para pejuang dari kelompok Wagner telah tiba di Belarus dari Rusia, kata para pejabat Ukraina dan Polandia pada hari Sabtu (15/7/2023), sehari setelah Minsk mengatakan bahwa tentara bayaran tersebut melatih tentara negara itu di sebelah tenggara ibukota.

"Wagner berada di Belarus," kata Andriy Demchenko, juru bicara badan perbatasan Ukraina, dalam sebuah pernyataan di aplikasi perpesanan Telegram. Dia mengatakan pergerakan "kelompok-kelompok terpisah" dari Rusia telah diamati di wilayah itu.

"Beberapa pesawat tempur Wagner telah berada di Belarusia setidaknya sejak Selasa, kata dua sumber yang dekat dengan para pejuang seperti dikutip dari Reuters.

Kementerian pertahanan Belarusia merilis sebuah video pada hari Jumat, yang menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai pejuang Wagner menginstruksikan tentara Belarusia di sebuah lapangan militer di dekat kota Osipovichi.

Kepindahan Wagner ke Belarusia merupakan bagian dari kesepakatan yang mengakhiri upaya pemberontakan kelompok tersebut pada bulan Juni - ketika mereka berkonvoi militer dan mengancam akan membawa Rusia ke dalam perang saudara - kata Presiden Vladimir Putin.

Sejauh ini pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin, belum terlihat di depan umum sejak ia meninggalkan kota Rostov-on-Don, Rusia selatan, pada 24 Juni lalu.

Wakil menteri koordinator layanan khusus Polandia, Stanislaw Zaryn, mengatakan Warsawa juga memiliki konfirmasi tentang keberadaan pejuang Wagner di Belarus.

"Mungkin ada beberapa ratus dari mereka saat ini," kata Zaryn di Twitter.

Polandia mengatakan bulan ini bahwa mereka memperkuat perbatasannya dengan Belarus untuk mengatasi potensi ancaman.