Jawa Barat, Tapak News - Andien Khalisah Alveria (11), siswi kelas VI SDN Lohbener I Indramayu telah berhasil merebut piala Kepala Staf Presiden & Kemenparekraf sebagai juara pertama untuk kategori Jaipong Kreasi dalam gelar Pemilihan Putri Tari GLB (Gentra Lestari Budaya) ke-2 Tingkat Nasional 2024 di Gedung Negara Kota Cirebon, (23 -25 Agustus 2024).

Selain mendapat anugerah penghargaan dari Kesultanan Cirebon, binaan Sanggar Gemiras Mapan tersebut juga berhak atas reward bergengsi sebagai Duta Budaya ke Argentina pada Januari 2025 nanti.

Masdi, salah satu pendampingnya di lomba tersebut mengatakan, selain berjaipong Andien memang sangat berbakat dalam bidang seni dengan kemampuan-kemampuan lainnya.

"Dia menguasai bermain piano, nyanyi dan beberapa jenis tarian seperti tari serimpi dan tari topeng, " ungkap Masdi.

Kata Masdi, sebelumnya Andien berprestasi sebagai juara harapan ke-3 Piala Muldoko pada Maret 2024.

Dalam kesempatan itu Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pertamina EP, Perumdan Tirta Dharma Ayu dan beberapa pihak swasta.

"Ya, terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu dan mensupport Andien sehingga bisa bersaing di puncak dari 156 peserta dari seluruh Indonesia., " imbuhnya.

Saat dipertanyakan bentuk dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Indramayu, Masdi menyayangkan bahwa belum ada sama sekali hingga lomba ini usai.

Dihubungi terpisah untuk mengkonfirmasi perihal perhatian dan apresiasi terhadap Andien, Tapak News coba mempertanyakannya melalui pesan singkat kepada Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Indramayu, Uum Umiyati, namun tak ada respon dan jawaban apapun hingga berita ini diterbitkan.