Tapak News

Tapak.news, Indramayu- Dalam rangka menjawab Tuntutan digitalisasi perbankan di Indonesia, PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) terus berbenah, berinovasi serta bertransformasi menjadi BPR yang mengembangkan sarana digital dalam pelayanan nasabah.

 

PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) adalah badan usaha milik daerah (BUMD) yang mana sebelumnya bernama PD BPR PK Balongan kemudian dilakukan perubahan nama dan bentuk badan hukum menjadi PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) disingkat menjadi BIMJ.

 

PD BPR PK Balongan yang sekarang berubah nama menjadi PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) sendiri pada mulanya merupakan 6 (enam) BPR yang terpisah-pisah di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Indramayu, yaitu terdiri dari PD BPR PK Balongan, PD BPR PK Arahan Kidul, PD BPR PK Cantigi Kulon, PD BPR PK Kroya, PD BPR PK Bongas, dan PD BPR PK Sukra.

 

Kemudian berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang saham (RUPS) yang di hadiri para pemegang saham diantaranya Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Indramayu, dan PT Bank Jabar Banten, 6 (enam) BPR tersebut dilakukan Merger menjadi PD BPR PK Balongan.

 

Salah satu keunggulan PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) adanya layanan antar jemput setoran (pick up service) bagi nasabah tabungan, sehingga nasabah tidak perlu repot datang untuk mengantri di kantor BPR apabila ingin melakukan transaksi setoran.

 

Nasabah cukup diam di rumah tinggal menghubungi via telepon maupun whats up petugas bagian dana / account officer BPR maka petugas akan dengan senang hati menjemput setoran tabungan nasabah.

 

Saat ini, PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) Sudah menyediakan fasilitas IBS Branchless yang sudah terkoneksi dengan server BPR, yaitu alat untuk input transaksi setoran tabungan secara mobile online untuk petugas bagian dana / account officer BPR di lapangan.

 

Sehingga transaksi setoran yang dilakukan menggunakan alat tersebut langsung masuk ke dalam database BPR dan tercatat kedalam pembukuan BPR. Sehingga nasabah tidak perlu ragu dan khawatir adanya penyalahgunaan oleh oknum petugas BPR.

 

Direksi PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) H. Munandar, SE mengatakan, bahwa manajemen akan terus berbenah meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan mendorong agar PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) mampu bersaing dan beradaptasi dalam mengahadapi era digitalisasi perbankan sesuai dengan arah kebijakan Otoritas Jasa keuangan (OJK).

 

“Layanan antar semput setoran (pick up service) merupakan salah satu keunggulan pelayanan PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) guna meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga khususnya Tabungan, akan tetapi dalam pelaksanaannya ada resiko yang mungkin terjadi penyimpngan dilapangan, dengan adanya alat untuk input transaksi setoran tabungan secara mobile online diharapkan dapat meminimalisir resiko tersebut serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah” ungkap Munandar di ruang kerjanya, Rabu(21/2/2023).

 

Disampaikan Munandar, bahwa saat ini PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA) sedang mengembangkan aplikasi layanan digital (e-form) yaitu sebuah aplikasi untuk melayani kebutuhan nasabah secara online yang dapat diakses melaui website https://bprindramayujabar.co.id atau https://eform.bankbimj.com/ dari mulai pembukaan rekening, pengajuan kredit/pinjaman, serta simulasi kredit maupun tabungan, diharapkan adanya layanan digital melalui e-form dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi maupun produk-produk yang ada di PT BPR Indramayu Jabar (PERSERODA).