Tapak News

Jawa Barat, Tapak News - Berupaya meningkatkan disiplin berlalu lintas di jalan raya, Polres Indramayu mulai gelar pasukan untuk Operasi Keselamatan Lodaya 2024 Jawa Barat. 

Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar menyatakan bahwa gelar pasukan telah dilaksanakan untuk mengukur tingkat kesiapan anggota serta logistik untuk operasi yang diinformasikannya akan berlangsung selama dua pekan yaitu mulai tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024.

"Operasi kepatuhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan berkendara jelang Ramadhan dan Idul Fitri, " tandas Kapolres Fahrii di Mako Polres Indramayu, Sabtu (2/3/2024)

“Nanti sebanyak 60 personel Sat Lantas Polres Indramayu akan terlibat dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2024, dengan dukungan dari berbagai stakeholder, termasuk unsur TNI dan Dishub,” ungkapnya pula.

BACA JUGA: Terunggah di Medsos Perkelahian Antar Kelompok Remaja. Polisi Indramayu Bergerak Cepat

Disampaikannya pula bahwa fokus utama operasi ini adalah penindakan terhadap pengendara yang menggunakan knalpot tidak standar, penggunaan ponsel saat berkendara, pelanggaran arus lalu lintas, pengemudi di bawah umur, kelebihan penumpang, pengaruh minuman keras, kecepatan melampaui batas, dan ketidakpatuhan terhadap penggunaan safety belt atau helm.

BAC# JUGA: Polres Indramayu Terjunkan Ratusan Anggota Amankan 5316 TPS

Kapolres juga menyatakan bahwa penindakan akan dilakukan dengan pendekatan preemtif dan preventif, serta menggunakan teknologi elektronik seperti Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Meskipun ETLE Statis belum tersedia di Indramayu, polisi akan mengimplementasikan ETLE Mobile sebagai alternatif,” jelasnya.

Oleh karenanya, himbau AKBP M Fahri Siregar, pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan aturan dan ketentuan hukum yang berlaku dengan memenuhi standard keselamatan, keamanan dan kelancaran dalam berkendara.