Jawa Barat, Tapak News - Keterlambatan pihak Pemda Indramayu mengajukan rencana keuangan tahunannya memaksa pihak DPRD Indramayu tak bisa melanjutkan rapat untuk agenda persetujuan atau pengesahan APBD 2023, Rabu malam (30/11/2022)

Sebelum rapat paripurna tersebut ditutup singkat, terlebih dahulu Ketua DPRD Indramayu, H Syaefudin, memberi kesempatan kepada semua fraksi untuk menyampaikan pendapatnya atas belum diterimanya draft anggaran dari pihak eksekutf yang harus dibahas di batas waktu yang sudah ditentukan peraturan perundang-undangan.

4 fraksi menyatakan bahwa rapat tidak bisa dilanjutkan karena belum ada dasar, kerangka, nilai atau angka-angka yang harus disetujui. Fraksi merah putih, diwakili Ruswa juga sekaligus mempertanyakan alasan kepala daerah atau Bupati tidak hadir untuk agenda yang menurutnya sangat penting itu.

Muhaemin, salah satu anggota DPRD dari fraksi partai golkar mengingatkan kembali atas tahapan-tahapan pembahasan APBD yang sudah ditempuh. Bahkan menurutnya dalam 5 hari sebelum batas akhir pengesahan yaitu tanggal 30 November, sesungguhnya pihak legislatif sudah memberi toleransi kepada pihak eksekutif,

"Kepala Daerah dan DPRD wajib menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD paling lambat 1 (satu) bulan sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun", tuturnya dengan lantang membacakan petikan pasal 106 Peraturan Pemerintah No.12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Disinggung pula oleh Muhaemin, konsekuensi hukum atau sanksi administratif bisa diterima oleh Pemerintah Daerah Indramayu dari pemerintah pusat sebagaimana diatur pasal 312 UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan selama 6 bulan.

"Persepsi, dugaan, 6 bulan ASN tidak digaji," ungkapnya.

Menanggapi pendapat fraksi-fraksi, Sekretaris Daerah Indramayu, Rinto Waluyo mewakili Bupati Nina Dai Bachtiar yang belum bisa hadir dalam rapat paripurna tersebut menyatakan keinginan pihaknya diberi waktu lagi untuk mampu mempersiapkan segala sesuatunya.