Tapak News

Jawa Barat, Tapak News - Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 dimatangkan kesiagaannya oleh Kepolisian Republik Indonesia, termasuk oleh Polres Indramayu Polda Jabar melalui gelar apel pasukannya di lapangan bola Bumi Patra pada Selasa (17/10/2023) dihadiri seluruh jajarannya.

Kapolres Indramayu, AKBP. Dr. M Fahri Siregar menekankan pentingnya kegiatan tersebut untuk mengukur tingkat kesiapan segala sesuatunya menghadapi Pemilu 2024.

“Operasi ini bertujuan untuk memastikan Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan aman dan lancar,” ucap AKBP M. Fahri Siregar membacakan amanat Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan itu Kapolres Fahri Siregar mengingatkan, pemilu merupakan salah satu pesta rakyat yang menjadi tolok ukur kematangan negara demokrasi sekaligus sebagai moment yang paling menentukan masa depan sebuah bangsa.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi penuh demi kesuksesan Pemilu 2024. Operasi Mantap Brata 2023-2024 melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia,” tandasnya.

BACA JUGA: Sambut Operasi Mantap Brata Lodaya 2023, Polres Indramayu Gelar Simulasi Sispamkota

BACA JUGA: Operasi Pekat Lodaya 2 Tahun 2023, Polres Indramayu Ringkus 61 Tersangka Berbagai Kejahatan

Ia juga mengungkapkan dalam rangka mendukung pengamanan Pemilu 2024, Polri bekerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, instansi terkait, dan mitra kamtibmas lainnya menggelar "Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024" yang akan berlangsung selama 222 hari mulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

BACA JUGA: Polres Indramayu Ungkap Kasus Kematian Bocah 13 Tahun di Kecamatan Anjatan

Selain itu, katanya, Polri juga membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi untuk memastikan keamanan seluruh tahapan pemilu secara sinergi bersama kesatuan dan perangkat lain, termasuk didukung operasi Nusantara Cooling System 2023-2024.

Tak kalah penting disampaikan Kapolres Fahri, penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mengantisipasi polarisasi akibat hoaks, isyu SARA, propaganda, dan kampanye hitam.

Melalui pesannya, Kapolres berharap kepada seluruh personel untuk meningkatkan keimanan, selalu memastikan kesiapan peralatan, melaksanakan tugas pengamanan dengan tanggung jawab, humanis, dan profesional, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

BACA JUGA: Terlibat Peredaran Obat Terlarang, Perempuan Muda Ditangkap Sat Narkoba Polres Indramayu

BACA JUGA: Polres Indramayu Tetapkan 33 Tersangka Kasus Narkoba Sepanjang Juli-Agustus 2023.

“Semua diharapkan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya Pemilu 2024, sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045. Semoga Tuhan memberikan perlindungan dan kekuatan kepada seluruh personel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.” tutupnya.