Alip Ba Ta

Jakarta, Tapak News  - Seiring perkembangan teknologi informasi di mana setiap Netizen punya kesempatan tampil di media sosial dan ditonton warga dunia , trend skill gitaris dan musikus agaknya mulai bergeser atas sebutan dewa atau raja gitar yang dulu ditampuk oleh para pendawai melodius rock grup band terkenal, kini sudah bukan jamannya lagi.

Kehadiran platform youtube menghadirkan cara pandang popularitas yang berbeda dari era-era lalu, setidaknya dari parameter banyaknya subscriber dan jam tayangan di chanel youtube para gitaris dan musisi kondang memperlihatkan jumlah yang jauh tertinggal oleh gitaris fingerstyle.

Penggemar musik klasik maupun rock ataupun gabungan dari kedua warna tersebut tentu mengenal Yngwie Johan Malmsteen, gitaris legendaris asal Swedia dengan kepiawaiannya bermain irama cepat dan pekikan nada tinggi hanya memiliki 255 ribu subscriber di official chanel youtubenya. Sementara Slash dari Guns n Roses memiliki posisi yang lebih baik dengan diikuti 765 ribu subscriber, tak berbeda jauh dengan Steve Vai yang diikuti 752 ribu penggemarnya. Begitupun Joe Satriani dengan 528 ribu subscriber di bawah gitaris Extreem, Nuno Battencourt dengan 696 ribu subcriber.

Dari hasil penelusuran lebih luas kanal-kanal youtube pemegang lead grup-grup rock ternama lainnya seperti Metalica, Dream Theater, RHCP, Mr Big, dll menunjukkan angka yang tak jauh berbeda dengan rata-rata masih di bawah 1 juta subscriber.

Berikut merupakan gitaris fingerstyle. .

1. Sunha Jung, pemuda Korea Selatan ini sudah mempertontonkan keahliannya sejak masih anak-anak. Penampilannya sempat menarik perhatian Trace Buddy mengajaknya berduet memainkan lagunya Michael Jackson, "Billie Jean". Kini chanel youtubenya sudah memiliki 7 juta lebih subscriber dengan hanpir 2 milyar viewer.

2. Alip Ba Ta, gitaris fingerstyle asli Indonesia ini sempat dipuji oleh Brian May pemegang lead band Queen sebagai bentuk pengakuan atas kemampuannya ketika pria asal Purworejo tersebut membawakan lagunya yang sangat terkenal, 'Bohemian Rhapsody". Chanel Youtube Alip Ba Ta saat ini memiliki 5,7 juta subscriber dengan 447 juta kali ditonton untuk 127 videonya. Kontennya pun sering dimanfaatkan para reaktor untuk mengunggah penilaiannya.

3. Josephine Alexandra, gadis Indonesia kelahiran Born, Jerman Barat, merupakan gitaris fingerstyle yang kerap memainkan lagu-lagu rock dan metal yang sedang melejit namanya. Saat berduet dengan Dewa Bujana, Ia mengaku belajar sejak usia 4 tahun, dan memfavoritkan Sunha Jung yang menginspirasinya berlatih hingga cukup mengharumkan Indonesia selain Alip Ba Ta di mata musisi dunia.

Selain tiga nama tersebut yang dua di antaranya dari Indonesia yang memiliki jutaan follower, terdapat juga nama-nama lain yang cukup terkenal dengan tehnik permainannya yang kreatif dan unik seperti Alexander Misko, Tobias Rauscher, Marcin Patrzalek, Ewan Dobson, Mike Dawes, dan banyak lagi yang umumnya memiliki jumlah subscriber lebih banyak dari gitaris-gitaris era 90an.

Fakta ini meyakinkan adanya perubahan trend dalam melihat suatu skill permainan gitar yang mampu menghibur secara "tunggal dan mandiri". Bagi gitaris yang terlanjur berkeahlian "lead" di suatu grup musik tidaklah mudah untuk merubah haluan mengikuti trend baru tersebut untuk meraih penghasilan lebih melalui penyajian konten di saluran youtube. Permainan Fingerstyle sendiri jauh lebih menuntut teknik yang sangat variatif dan lebih rumit dalam mengolah bass, rhytim, petikan,, melodi sekaligus dihias ragam kick dan slap.