Jawa Barat, Tapak News -Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perjalanan Visi Misi Indramayu Bermartabat masih meninggalkan SiLPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) yang bahkan terus membengkak nilainya di tengah desakan kebutuhan peningkatan kualitas infrastruktur dan mutu layanan dalam kerangka pencapaian target-target 99 programnya.

Kenaikan jumlah anggaran tak terserap tahun 2021 sebesar 240 Milyar dan di tahun 2022 sebesar 321 Milyar diungkapkan dalam Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022 yang dibacakan oleh Plt Sekretaris Daerah, Aep Surahman, di Rapat Paripurna DPRD Indramayu, Senin (19/6/2023).

"SiLPA dari Rp. 240 Milyar di tahun sebelumnya dan di tahun 2022 menjadi 321 Milyar disebabkan akumulasi cadangan kas daerah dan kas BLUD," ucap Aep.

Kendati demikian, dari balik hal itu Pemda Indramayu mengklaim beberapa capaian sebagai keberhasilannya melakukan program-program kerja, diantaranya telah merealisasikan honor guru madrasah melalui hibah kepada Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) 14, 98 M.

Lalu, di bidang kesehatan, Pemda juga mengaku telah menggelontorkan Rp 24,1 M untuk membebaskan biaya bagi 1519 warga berobat jalan dan 4178 pasien rawat inap.

Dan untuk kondisi infrastruktur jalan yang belum berhenti didengungkan Netizen di sosial media dan jadi sorotan dalam pandangan fraksi-fraksi DPRD, Pemda menyatakan pihaknya telah melakukan upaya betonisasi tahun 2022 sepanjang 1154,36 km dimana 734,73 Km merupakan jalan desa.

Begitu pun  Penerangan Jalan Umum (PJU) telah dicapai 1105 titik dimana 830 titik PJU Desa (APBDes-red), dan sisanya 275 titik PJU Dinas Perhubungan (APBD-red)

Disebut pula oleh Aep, Pemda Indramayu telah mengerek nilai PAD 11,62% sepanjang dua tahun terakhir ini, atau diperoleh tambahan senilai 58,61 milyar . Penerimaan tersebut, katanya, masih akan terus diupayakan peningkatannya dengan pendataan dan digitalisasi objek-objek pajak maupun retribusi untuk mengurangi potensi kebocoran

Pada kesempatan rapat paripurna tersebut, diumumkan pula oleh Ketua DPRD Indramayu, H Syaefudin, terkait jawaban bupati itu untuk penjelasan lebih lanjut dan lebih rinci akan dibahas dalam rapat Badan Anggaran tanggal 19 Juni - 4 Juli 2023. 

BACA JUGA: Situs Jayantaranews Mati Usai Beritakan Dugaan Perusahaan Bodong Kerjakan Proyek DPKPP Indramayu

BACA JUGA; Musim Sadon Tiba, Rojak Minta Pemda Indramayu Antisipasi Para Petani Rebutan Air.

BACA JUGA: Ribuan Hektar Kekurangan Air dan Terancam Gagal Panen, Sejumlah Petani Adukan ke Ketua DPRD Indramayu